Sabtu, 14 Maret 2009
Origami, Melipat Kertas Gaya Jepang

Origami bukan hanya sekedar hobi dan kerajinan tangan. Origami merupakan seni rakyat Jepang yang sudah menjadi bagian dalam kebudayaan Jepang selama berabad-abad. Bentuk kertas lipatan ini tidak hanya bersifat dekoratif, tetapi juga mengandung arti dan lambang. Contohnya lipatan moshi yang merupakan bentuk sederhana yang biasanya diikatkan pada hadiah sebagai lambang pujian dari si pemberi. Bentuk klasik origami bangau adalah lambang panjang umur. Bentuk origami katak melambangkan kesuburan dan cinta kasih.

Di negara barat, daya tarik origami terletak pada pesona yang ditimbulkan oleh perubahan bentuk dari kertas datar hingga dilipat sedemikian rupa dan menjadi trimatra ( tiga dimensi) tanpa menggunakan perekat (lem) atau gunting. Anak-anak, ahli matematika, pecinta fiksi ilmu pengetahuan, pesulap, pecandu teka-teki dan penulis semuanya terpukau dengan origami.

Kalau ingin membuat sebuah lipatan origami, kita membutuhkan kertas persegi yang berukuran 10 hingga 18 sentimeter. Membuat origami dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Kita dapat mencoba dari yang paling mudah, seperti melipat bentuk wajah kucing atau wajah anjing. Bila sudah memiliki keterampilan origami lanjut, kita dapat mencoba membuat bangau, merpati pos, atau katak melompat.

Source Family Creative Workshop
posted by W-Land @ 04.05  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
 
About Me


Name: W-Land
Home: Padang, Sumatera Barat, Indonesia
About Me:
See my complete profile

Previous Post
Archives
Chat and Links
Template by
Blogger Templates